Sabtu, Agustus 29, 2009

Face book jadi Ladang pesan sampah

Facebook Jadi Ladang Pesan Sampah



Facebook (ist)

San Francisco - Pesan sampah alias spam yang menggunung di e-mail barangkali sudah hal biasa. Namun belakangan ini, spam juga mulai 'gemar' mendatangi situs jejaring sosial seperti Facebook atau MySpace.

Seperti dikutip detikINET dari Sfgate, Selasa (29/4/2008), sebagian anggota Facebook dilaporkan telah menerima berondongan pesan iklan yang meminta mereka mengunduh ringtone sampai membeli obat kuat khusus lelaki.

Pesan semacam itu memang datangnya bisa dari teman sesama anggota situs, namun malah mengandung link ke berbagai situs iklan.

Kasus profil seseorang di situs jejaring sosial dibajak sebagai sarana penyebaran spam pun sudah sering terjadi. Menurut Derek Manky, peneliti keamanan di Fortinet, para spammer itu dibayar oleh perusahaan yang berkepentingan.

Tentu saja masalah pesan sampah selalu menjengkelkan. Jika biasanya hantaman spam membanjiri e-mail, kini di situs jejaring sosial pun tak luput dari serangan. Facebook juga menyadarinya sehingga mereka memperingatkan anggota untuk tidak mengklik link yang asing.

Memang sejak beberapa waktu lampau, Facebook membuka pintu bagi aplikasi software pengembang luar. Menurut data, telah lebih dari 200.000 aplikasi bisa disertakan di Facebook dan ini juga bisa jadi sarana penyebaran spam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Siapa yang lebih tampan ??