Sabtu, Agustus 29, 2009

Cara aman cari kerja lewat internet

Mencari kerja lewat internet belakangan kerap dilakukan para pencari kerja. Di samping itu tidak perlu repot-repot mengirimkan lamaran ke kantor pos dengan amplop dan perangko. Data yang anda kirimkan lewat internet dapat langsung tersimpan pada database sebuah situs dan siap dilihat oleh perusahaan yang membutuhkan karyawan. Meski hal ini mudah dilakukan, namun sebagian orang masih belum begitu paham mengenai hal ini. Ada beberapa hal yang sebaiknya diketahui sebelumnya.

Hal pertama yang perlu diingat jangan pernah mengirim lamaran ke banyak situs perusahaan. Usahakan, masukkan lamaran hanya ke dua atau tiga situs saja. Karena, banyak perusahaan yang sama menginformasikan lowongan kerja di beberapa situs. Sehingga kalau mengirim ke banyak situs, dikhawatirkan nama anda beberapa kali muncul. Hal ini justru menimbulkan kesan yang kurang baik. Perusahaan akan berpikir bahwa anda benar-benar kesulitan mencari kerja. Sehingga, bisa jadi perusahaan tidak tertarik pada anda.

Anda juga bisa kreatif dalam mengirim lamaran lewat email. Kecuali, jika anda memasukkan data pribadi ke dalam format baku yang disediakan oleh situs tertentu pencari karyawan. Untuk bidang tertentu yang mengandalkan seni dan kreativitas, anda bisa memberi sentuhan kreativitas yang lebih banyak. Misalnya untuk posisi web desainer atau desain grafis advertising. Tetapi tentu saja, anda jangan mengabaikan isi lamaran dan data pribadi anda. Meskipun melamar kerja lewat internet tidak bisa melampirkan dokumen surat referensi yang anda miliki, anda bisa meyakinkan penyeleksi dengan mencantumkan deretan prestasi, pengalaman kerja, dan latar belakang pendidikan dengan jelas. Hal ini cukup untuk menjadi pertimbangan. Jika perusahaan yang anda lamar tertarik, anda akan dipanggil wawancara dengan membawa salinan dokumen dan surat referensi anda.

Apabila anda terlalu lama menunggu jawaban, anda boleh saja bertanya kepada perusahaan tersebut melalui email. Tetapi anda harus siap jika jawabannya kurang memuaskan. Yang paling etis, anda bisa bertanya jika perusahaan sudah melakukan proses seleksi terhadap anda. Kalau anda sudah menjalani proses seleksi di perusahaan tersebut, anda bukan hanya bisa bertanya lewat email tetapi juga lewat telpon. Kalau anda tidak yakin email anda sudah diterima, usahakan jangan membuat lamaran ganda.

Hal yang perlu anda ingat adalah memiliki nilai tambah di mata perusahaan karena mengirim lamaran lewat internet. Artinya, anda sudah ikut dalam arus teknologi global. Di samping itu, anda harus tetap bersabar dan berdoa, karena yang namanya mencari pekerjaan tentu tidak mudah seperti membalikkan telapak tangan, butuh kesabaran dan usaha. Intinya, jangan pernah menyerah, teruslah berusaha. yz
www.tips-fb.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Siapa yang lebih tampan ??